Informasi Sewa Apartemen Jakarta, Syarat Dan Tata Caranya

Memiliki hunian yang nyaman di kota besar menjadi keinginan banyak orang. Selain strategis, rumah di kota besar juga lebih praktis, dekat dengan kantor, sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya.

Namun saat ini memiliki rumah di kota besar, seperti di Jakarta rasanya tidak memungkinkan. Lahan yang terbatas dan harga jual yang sangat tinggi, menjadi penyebabnya. Maka sewa apartemen Jakarta bisa jadi solusi yang Anda pilih.

Solusi Memiliki Hunian Nyaman di Jakarta

Solusinya Anda bisa sewa apartemen Jakarta sebagai tempat tinggal masa kini. Sewa apartemen menjadi opsi cerdas dengan banyak kelebihan dibandingkan sewa rumah. Khususnya dari segi fasilitas dan lokasi yang ditawarkan.

Apartemen basanya berdiri di dekat area perkantoran, sekolah, kampus, pusat perbelanjaan dsb. Bisa kita simpulkan apartemen memang dirancang untuk memudahkan mobilitas para penghuninya.

Sedangkan dari segi fasilitas, perusahaan pengembang apartemen (developer) menghadirkan beragam fasilitas yang menarik guna menunjang gaya hidup modern. Contohnya: apartemen yang sudah dilengkapi dengan fasilitas pusat perbelanjaan untuk memudahkan para penghuninya belanja kebutuhan sehari-hari, berolahraga, dsb. Alasan lannya apartemen banyak dipilih karena memberikan jaminan keamanan dan pengamanan yang canggih.

Bahkan ada juga apartemen yang menyediakan pusat kebugaran, kolam renang, area joging, area bersepedah, dll. Alasan lainnya apartemen banyak dipilih karena memberikan jaminan keamanan dan pengamanan yang canggih.

Syarat Menyewa Apartemen di Jakarta

Sewa apartemen Jakarta menjadi solusi bagi Anda yang suka dengan kemudahan dan kepraktisan. Namun untuk menyewa apartemen dibutuhkan ketelitian dan pertimbangan. Nah berikut ini syarat-syarat menyewa apartemen yang perlu Anda ketahui.

  • Mencari Apartemen Yang Tepat

Syarat pertama sewa apartemen Jakarta adalah mencari apartemen yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Pilihlah lokasi yang strategis tempat Anda bekerja. Ketepatan memilih apartemen juga menyangkut keamanan, ruangan dan lingkungan sekitar apartemen.

  • Menyiapkan Dana

Setelah mendapatkan apartemen yang nyaman dan sreg, tentu yang harus Anda ketahui adalah berapa harga sewanya. Apakah sewa per tahun atau per bulan. Pertimbangkan harga yang ditawarkan dengan fasilitas yang diberikan.

Pastikan apakah harga yang dibayarkan sudah termasuk bayar listrik, air, kebersihan, keamanan, dsb. Setelah tahu berapa biaya sewanya, siapkan dananya.

Perlu Anda ketahui, lokasi dan tipe apartemen juga mempengaruhi tarif harga sewa. Misalnya: sewa apartemen bulanan di wilayah Jakarta Selatan harganya berbeda dengan harga sewa di kota Bekasi, Bandung dsb. Siapkan dana jauh-jauh hari dan siapkan juga anggaran untuk biaya pindahan dan kebutuhan lainnya.

  • Membuat Kesepakatan Dengan Pemilik

Umumnya kesepakatan yang dibuat meliputi poin-poin penting, sepert: dekorasi ruangan, penggunaan fasilitas, bagaimana jika suatu saat terjadi kerusakan dsb. Kesepakatan yang dibuat harus memberikan kemudahan bagi penyewa tapi juga tidak merugikan kedua belah pihak.

Jadi sebaiknya pahami dengan teliti kesepakatan yang dibuat dan lihat dengan saksama kondisi apartemen. Apabila ada yang rusak segera hubungi pemilik untuk menentukan langkah yang harus diambil.

Tata cara menyewa apartemen merupakan kesepakatan yang harus ditaati oleh pihak penyewa dan pemilik. Apabila suatu saat terjadi hal-hal diluar kesepakatan bisa diselesaikan bersama untuk menghindari kesalahpahaman.

  • Menyerahkan Identitas Diri

Syarat berikutnya menyewa apartemen selanjutnya aalah menyerahkan Photocopy identitas diri. Biasanya pemilik meminta data diri seperti: Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan beberapa dokumen pendukung lainnya.

  • Membayar DP

Setelah ada kesepakatan dan menyerahkan dokumen atau identitas diri, yang harus dilakukan selanjutnya adalah membayar DP sebagai tanda bukti bahwa Anda akan menyewa apartemen tersebut.

Umumnya DP yang dibayar sebesar 50% dari biaya sewa atau tergantung kesepakatan bersama. Sebelum membayar DP, pastikan apartemen sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

  • Pelunasan

Apabila sudah masuk ke tahap pelunasan maka artinya Anda sudah sah menyewa dan tidak bisa membatalkannya. Selain pelunasan umumnya dalam hal sewa apartemen Anda diharuskan membayar deposit.

Dana deposit ini digunakan sesuai kesepakatan apabila suatu saat terjadi kerusakan tidak sengaja, seperti karena terjadi bencana alam. Dana ini akan dikembalikan apabila sewa berakhir dan tidak ada pelanggaran.

Demikian informasi mengenai persyaratan sewa apartemen Jakarta. Untuk mencari informasi lebih lengkap apartemen yang disewakan di wilayah Jakarta dan sekitarnya atau artkel menarik lainnya, Anda bisa kunjungi hal beranda situs https://jual-properti.com.